Deteksi Dini Stroke dengan Metode "FAST"

Bagi pasien stroke, waktu adalah segalanya ketika serangan terjadi. Semakin cepat pasien mendapatkan penanganan medis, semakin besar pula kemungkinan untuk menyelamatkan daerah penumbra dari kematian sel (nekrosis) yang makin meluas dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.Salah satu cara untuk mendeteksi dini gejala gejala atau tanda stroke yang tiba-tiba pada seseorang ialah melalui metode F.A.S.T.

FACE

Tanda stroke pertama yang bisa diamati pada seseorang ialah sebagian wajah yang ‘jatuh’ terkulai sebagian atau face dropping. Mati rasa atau kaku pada sebagian wajah juga bisa menjadi tanda awal dari stroke. Untuk memastikan kedua tanda ini, Anda bisa meminta orang yang dicurigai stroke untuk tersenyum

ARMS

Tanda lain dari stroke yang bisa diamati ialah melemahnya tangan yang bisa diketahui dengan cara meminta orang yang dicurigai stroke untuk mengangkat kedua tangan. Orang dengan stroke biasanya menunjukkan gejala tidak dapat mengangkat salah satu tangannya dengan baik (arm weakness).

SPEECH

Kesulitan berbicara juga menjadi salah satu tanda stroke. Untuk memastikannya, Anda dapat meminta orang yang dicurigai stroke untuk mengulang kata atau frasa sederhana. Orang dengan stroke biasanya tidak dapat mengucapkan kata atau frasa sederhana dengan baik dan cenderung tak jelas atau sedikit cadel

TIME

Jika salah satu dari gejala tersebut ditemukan pada orang yang dicurigai stroke, maka tak perlu ragu dan menunda waktu. Orang yang dicurigai stroke tersebut harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan terapi atau penatalaksanaan lebih lanjut. Alasannya, golden period bagi penderita stroke untuk mendapatkan penyelamatan yang optimal ialah 3-6 jam setelah stroke pertama kali ditemukan. Penanganan medis yang baru diberikan lebih dari 12 jam setelah stroke terjadi berisiko menyebabkan cacat permanen yang lebih besar.

© Indonesian Stroke Society 2020

© Indonesian Stroke Society 2020